Company Profile

Sejarah Perusahaan

Pada tahun 1970, tujuh pengusaha yang memiliki kesamaan visi sepakat mendirikan perusahaan yang berkonsentrasi pada pembangunan di kota Jakarta. Kebersamaan ini di kemudian hari melahirkan PT. METROPOLITAN DEVELOPMENT yang mengembangkan sektor-sektor usaha dalam bidang real estate, hotel, pusat perbelanjaan, industri, pariwisata, perdagangan dan kesehatan. Dalam perjalanannya PT. Metropolitan Development menjadi induk dari beberapa perusahaan dan proyek properti besar. Beberapa proyek spektakuler yang dilahirkan oleh Grup Metropolitan Development diantaranya Perumahan Elit Pondok Indah, Mal Pondok Indah, Bukit Cinere Indah. Perumahan dan Mal Puri Indah, Apartemen Park Royal, Wisma Metropolitan, Hotel Horison dan Bumi Serpong Damai.

PT. METROPOLITAN LAND dibentuk pada tanggal 16 Februari 1994 dan mulai beroperasi pada tanggal 28 Oktober 1994 sebagai usaha untuk menggabungkan bisnis perumahan Grup Metropolitan Development dalam suatu perusahaan skala menengah dengan bisnis hotel dan mal di kawasan superblok Bekasi. Saat ini PT. Metropolitan Land memiliki lima proyek perumahan yaitu Menteng Metropolitan, Puri Metropolitan, Permata Metropolitan, Taman Metropolitan dan Taman Cileungsi. Properti komersil yang dimiliki adalah Hotel Horison Bekasi dan pusat perbelanjaan Mal Metropolitan Bekasi serta Plaza Metropolitan Tambun.

Kesuksesan PT Metropolitan Land pada masa ini tidak lain adalah karena kepuasan konsumen, produk-produk berkualitas, manajemen yang profesional serta terjalinnya kerjasama yang baik di lingkungan anak perusahaan dan mitra bisnisnya. Meningkatnya kepercayaan dari para Stakeholder ini dibuktikan dengan masuknya perusahaan investor Singapura yaitu Reco Newtown Pte.Ltd. dalam kepemilikan 50% saham di PT. Metropolitan Land pada Tahun 2004.

Di Tahun yang sama PT Metropolitan Land kembali membuktkan profesionalismenya kepada masyarakat dengan memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000, sebuah pengakuan resmi atas sistem manajemen mutu yang telah sesuai dengan standar internasional, sehingga PT Metropolitan siap untuk terus berkembang di era pasar bebas.

Dengan sistem manajemen dan budaya perusahaan yang dibangun, PT Metropolitan Land telah berhasil dalam memotivasi karyawan sehingga dapat membentuk tim kerja yang handal dan kompeten di bidangnya. Budaya perusahaan itu tercermin dalam nilai-nilai semangat dan sikap kerja dan pedoman perilaku 5K, 8M dan 4B.

Adapun Semangat dan Sikap Kerja Grup Metropolitan (5K), yaitu :

1. Kemauan dan motivasi yang tinggi.
2. Kemampuan selalu ditingkatkan.
3. Keuletan dan optimis dalam segala kondisi.
4. Kreatif, bertanggungjawab dan berpikir positif.
5. Kerjasama antar sesama dan gembira dalam bekerja.

serta Metropolitan Value (8M), yaitu :

1. Menerima gagasan dari manapun dan melakukan penyelesaian kerja secara bersama.
2. Mengejar mutu, menekan biaya dan tepat waktu sebagai keunggulan kompetitif.
3. Melibatkan semua orang tanpa batasan untuk bekerjasama membangun tim yang kuat.
4. Menggariskan visi yang jelas, sederhana dan realistis kepada semua pihak yang berkepentingan.
5. Mampu bekerja dengan penuh semangat dan memberi semangat kepada yang lain.
6. Menentukan target maksimal yang akan dicapai dengan penuh tanggungjawab.
7. Melihat perubahan sebagai peluang, bukan ancaman.
8. Mempunyai pandangan global dan rasa percaya diri yang tinggi.

Butir-butir 5K dan 8M selanjutnya direalisasikan dalam kegiatan kerja sehari-hari melalui 4B:

1. Bekerja dengan benar dan efektif.

2. Bekerja berdasarkan prioritas agar mencapai hasil maksimal.

3. Berupaya memberikan kontribusi sebesar-besarnya kepada perusahaan.

4. Berbuat sosial bagi sesama.


Secara keseluruhan PT. Metropolitan Land mempunyai 850 karyawan yang dapat diandalkan sebagai individu maupun tim kerja.

VISI DAN MISI

Dilandasi keinginan tulus untuk menjadi bagian dari kegiatan kemanusiaan, maka visi dari Yayasan Metropolitan Peduli adalah "PEDULI SESAMA".

Dengan visi jelas, maka Yayasan Metropolitan Peduli akan menjalankan misinya secara fokus, antara lain:

1. Membangun semangat kebersamaan untuk peduli terhadap sesama.
2. Menghimpun dana dan sumbangan dari lingkungan Grup Metropolitan dan masyarakat umum.
3. Menyalurkan dana dan sumbangan kepada sesama yang kurang mampu dalan bidang pendidikan dan kesehatan.

Corporate Social Responsibility

Yayasan Metropolitan Peduli

Berawal dari krisis ekonomi yang dialami oleh bangsa Indonesia, Grup Metropolitan bergerak untuk senantiasa ikut ambil bagian dalam berbagai kegiatasn 'kemanusiaan'. Berangkat dari tradisi terebut, maka karyawan Grup Metropolitan dengan segala ketulusan hati, pada tanggal 7 oktober 2000 membentuk YAYASAN METROPOLITAN PEDULI sebagai sebuah sarana yang akan membantu kita semua mengungkapkan kepedulian terhadap sesama secara lebih nyata.

http://www.metropolitanland.com